S0t4's Blog

Hanya Catatan dan Mencoba Untuk Berbagi

Thursday, October 23, 2014

Cara Mencocokkan Waktu(Jam) Pada Sistem Linux dengan Jam BIOS

  Blogger Sejati       Thursday, October 23, 2014
Kenapa ya terkadang waktu atau jam di sistem operasi Linux bisa tidak cocok dengan jam di BIOS atau hardware? Ada kalanya saya perhatikan jam di BIOS cocok dengan waktu sebenarnya tapi di Linux tidak. Kadang juga sebaliknya, jam di Linux cocok tapi tidak demikian dengan waktu di BIOS? Apa mungkin ada hubungannya dengan pemilihan setting waktu ketika instalasi sistem operasi Linux?

Tapi sebentar gan, bagaima caranya melihat jam/waktu Linux dan BIOS/hardware? Kalau di server, juga berlaku di desktop, jalankan perintah ini untuk melihat tanggal dan jam sistem Linux.
#
date

Waktu milik BIOS/hardware agak unik, karena hanya bisa dilihat oleh user dengan privilege setingkat root. Artinya di Ubuntu dan BlankOn harus menggunakan sudo untuk menjalankan perintah ini.
#
hwclock

Distro CentOS, RedHat, dan Debian kemungkinan besar juga harus dieksekusi dengan absolute path.


#/sbin/hwclock

atau

#
/usr/sbin/hwclock
Ingat perintah di atas harus dijalankan sebagai root. Lalu coba perhatikan, kalau tidak cocok berarti ada perbedaan (ya ya lah :D ). Perhatikan dengan seksama, karena mungkin saja kelihatan berbeda padahal sama. Loh kok bisa? Mungkin saja waktu di sistem Linux pake sistem 24 jam, sedangkan di BIOS pake waktu 12 jam. Hehe.. :D

Bila memang benar ada ketidakcocokan, kita harus menyinkronkan dua detak hati ini supaya sejalan (hehehe, detak waktu maksudnya). Caranya juga gampang, yang penting ada akses root. Kalau jam/waktu di sistem operasi Linux yang benar maka jalankan perintah berikut:

#
hwclock --systohc

Jikalau sebaliknya, maka ganti perintah di atas menjadi:
#
hwclock --hctosys

Bagaima kalau keduanya tidak ada yang tepat? Berarti harus membetulkan dulu salah satunya, waktu di server atau waktu di BIOS.
logoblog

Thanks for reading Cara Mencocokkan Waktu(Jam) Pada Sistem Linux dengan Jam BIOS

Previous
« Prev Post

No comments: