S0t4's Blog

Hanya Catatan dan Mencoba Untuk Berbagi

Thursday, November 25, 2010

Menghapus Print Spooler di MS Windows

  Blogger Sejati       Thursday, November 25, 2010
Ini kejadian saat aku ngeprint data banyak di windows (ada 50 lembar kali..). Tapi setelah beberapa saat aku sadar ada yang salah dengan yang aku cetak. Aku coba hapus queue printer di windows dengan cara klik start > setting > printer & Fax.

Terus aku hapus queue di printernya... tapi ada queue yang bandel gak bisa dihapus!!, yang celakanya walaupun windows aku restart.. eh masih nongol-nongol juga tuh queue...

Karena pengalaman itu aku coba searching di om google cara menghapus queau printer secara benar dan akhirnya nemu cara berikut dan memang cara ini yang benar... hehe...

Ok berikut langkahnya:
1. Pada XP : Klik menu “START”, pilih “Run”, dan ketik “services.msc”.
2. Pada Windows Vista & Windows 7 : klik tombol “Start”. ketik Services pada search box. Tekan enter.
3. Jika Services console telah terbuka . Scroll kebawah dan carilah “Print Spooler”.
4. Klik kanan Print Spooler dan pilih “Stop”. untuk menghentikan spooler service.



5. Browse ke C:\Windows\system32|Spool\Printers –> hapus semua file yang ada dalam folder Printers, langkah tersebut akan membersihkan semua perintah pencetakan.



6. Kembali ke Services console (ikuti langkah diatas). klik kanan pada service Print spooler dan pilih “Start”. Langkah ini sangat penting, karena jika anda tidak mengaktifkan kembali service print spooler ini maka printer tidak akan bisa mencetak dan akan memunculkan pesan error “Operation could not be completed. The print spooler is not running”… jadi, jangan sampai lupa untuk mengaktifkannya kembali :D



7. Jika sudah maka antrian cetak telah bersih, anda sudah dapat mencoba melakukan print dokumen lagi.



Atau ada cara lain dengan menggunakan batch file yang bisa didownload disini

Setelah download, extract terus jalankan printflush.bat. Beres....



Selamat mencoba ya...
logoblog

Thanks for reading Menghapus Print Spooler di MS Windows

Previous
« Prev Post

No comments: